a. Tujuan Interface User
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan
fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan
sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu
pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua
setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.
Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang
memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan.
Meski pada umumnya panduan interface menyarankan
agar ikon tidak diberi tulisan supaya tetap mandiri dari bahasa, namun elemen
interface lain seperti teks pada tombol, caption window, atau teks-teks singkat
di sebelah kotak input dan tombol pilihan semua menggunakan bahasa. Tanpa
bahasa pun kadang ikon bisa tidak jelas maknanya, sebab tidak semua lambang
ikon bisa bersifat universal.
Meskipun penting, namun sayangnya kadang penggunaan
bahasa, seperti pemilihan istilah, sering sekali dianggap kurang begitu
penting. Terlebih dari itu dalam dunia desain situs Web yang serba grafis,
bahasa sering menjadi sesuatu yang nomor dua ketimbang elemen-elemen interface
lainnya.
Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan
fitur-fitur sistem yang tersedia agar user mengerti dan dapat menggunakan
sistem tersebut. Dalam hal ini penggunaan bahasa amat efektif untuk membantu
pengertian, karena bahasa merupakan alat tertua (barangkali kedua tertua
setelah gesture) yang dipakai orang untuk berkomunikasi sehari-harinya.
Praktis, semua pengguna komputer dan Internet (kecuali mungkin anak kecil yang
memakai komputer untuk belajar membaca) dapat mengerti tulisan. Interface ada
dua jenis, yaitu :
Interface ada dua jenis, yaitu :
Graphical Interface : Menggunakan unsur-unsur
multimedia (seperti gambar, suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
Text-Based : Menggunakan syntax/rumus yang sudah
ditentukan untuk memberikan perintah.
b. Graphical Interface
Ada 5 tipe utama interaksi untuk interaction:
Direct manipulation – pengoperasian secara langsung
: interaksi langsung dengan objek pada layar. Misalnya delete file dengan
memasukkannya ke trash. Contoh: Video games. Kelebihan : Waktu
pembelajaran sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi
sehingga kesalahan terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan :
Interface tipe ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer,
cocok untuk penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.
Menu selection – pilihan berbentuk menu :
Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan
memilih aksi yang dikehendaki. Kelebihan : tidak perlu ingat nama
perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan : Tidak ada logika
AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan. Menu dianggap lambat
oleh expert dibanding command language.
Form fill-in – pengisian form : Mengisi area-area
pada form. Contoh : Stock control. Kelebihan : Masukan data yang sederhana.
Mudah dipelajari Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus
menyesuaikan dengan form manual dan kebiasaan.
Command language – perintah tertulis : Menuliskan
perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system.
Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command.
Bisa diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan.
Misal copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari
dan diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk biasa. Kesalahan
pakai perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan
mengetik perlu.
Natural language – perintah dengan bahasa alami :
Menggunakan bahasa alami untuk mendapatkan hasil. Contoh: search engine di
Internet. Kelebihan: Perintah dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang
terbatas (singkat), misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh
search engine. Ada kebebasan menggunakan kata-kata. Kekurangan: Tidak semua
sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak
pengetikan.
c. Tipe-tipe user interface
• User
interface bahasa alamiah
• User
interface pertanyaan & jawaban
• User
interface menu-menu
• User
interface formulir isian
• User
interface bahasa perintah
• User
interface GUI
(Graphical User Interface)
• User
interface pada web, dll.
Tujuan Antar Muka (interface) Pengguna
Menyesuaikan antar muka pengguna dgn tugas.
• Membuat
antar muka pengguna menjadi efesien.
• Memberikan
arus balik yang tepat kepada pengguna.
• Memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
• Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan pegawai
User Interface Bahasa Alamiah
• Ideal
bagi user yang tidak berpengalaman, karena interface menggunakan bahasa
sehari-hari
• Adanya
perbedaan bahasa antara komputer & manusia sehingga diperlukan penerjemah
yang mampu menerjemahkan 2 arah.
User interface menu-menu
• Menyediakan
daftar pilihan dalam jumlah yang terbatas yang biasanya berupa suatu kalimat
atau kumpulan beberapa kata sehingga pengguna dapat menetukan pilihannya
• Jenis
berdasarkan teknik penampilan pilihan-pilihannya
– sistem
menu datar
» menampilkan
semua pilihan secara lengkap
– sistem
menu tarik
» menampilkan
daftar pilihan dalam kelompok-kelompok tertentu
d. Tipe Interaksi
Pemilihan tipe interaksi yang tepat dapat memberikan
efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer. Terdapat beberapa
tipe interaksi yang umum digunakan, yaitu :
1. Command Line Interface (CLI)
Merupakan bentuk dialog interaktif yang pertama
digunakan dan masih dipakai hingga saat ini. Dengan CLI, user memberikan
instruksi secara langsung kepada komputer menggunakan tombol fungsi, karakter
tunggal, command dalam bentuk singkat maupun panjang. CLI memungkinkan user
mengakses dengan cepat fungsi sistem dan beberapa tools.
2. Menu
Pada menu-driven interface , sekumpulan opsi /
pilihan yang tersedia bagi user ditampilkan pada layar dan dapat dipilh dengan
menggunakan mouse atau tombol numerik maupun alfabetik. Pilihan pada menu harus
merepresentasikan arti dan dikelompokkan berdasarkan suatu kategori agar mudah
dikenali dan memudahkan user memilih sesuai dengan tugas yang akan
dilaksanakan.
3. Natural language
Mungkin merupakan mekanisme komunikasi yang
atraktif. Umumnya, komputer tidak dapat mengerti instruksi yang dituliskan
dalam bahasa sehari-hari. Natural language dapat mengerti input tertulis
(written input) dan suara (speech input). Namun masih ada kekurangan dalam hal
ambiguity (kerancuan) pada aspek sintaks dan semantik.
4. Q/A & query dialogue
Merupakan mekanisme sederhana untuk input pada
beberapa aplikasi. User diberikan serangkaian pertanyaan umumnya dalam bentuk jawaban
ya/tidak (Y/N), pilihan
ganda atau dalam bentuk kode, dan dibimbing tahap
demi tahap selama proses
interaksi. Interface ini mudah dipelajari namun
terbatas fungsinya.
5. Form-fills and spreadsheet
Form-fill utamanya digunakan untuk aplikasi
pemasukan (data entry) dan pencarian (data retrieval) data. Bentuk form-fill
adalah berupa display yang menyerupai selembar kertas dengan beberapa slot /
field untuk diisi. Spreadsheet adalah variasi dari form-fill. Spreadsheet
terdiri dari sel yang dapat berisi nilai atau formula.
6. WIMP interface (Windows, Icons, Menu, Pointers)
WIMP merupakan default interface untuk sebagian
besar sistem komputer interaktif yang digunakan saat ini terutama pada PC dan
desktop workstation.
Window
merupakan area layar yang berprilaku seperti
terminal independent dan berisi grafik atau teks yang dapat dipindahkan dan
idiubah ukurannya. Satu layar dapat terdiri dari lebih 1 window yang
memungkinkan lebih dari satu tugas aktif pada saat yang sama. Icon merupakan
sebuah gambar kecil yang digunakan untuk merepresentasikan windows yang sedang
berada dalam keadaan tertutup (closed). Window dapat diaktifkan / diperbesar
dengan meng-klik icon yang bersangkutan, dan sebaliknya jika user tidak
menggunakan / mengerjakan tugas pada satu window tertentu maka dia dapat
menon-aktifkan window menjadi icon yang disebut sebagai iconifying . Menu
adalah tehnik interaksi yang umum digunakan bahkan oleh sistem non-window
sekalipun. Menu menampilkan pilihan operasi atau layanan yang diberikan /
tersedia oleh sistem. User dapat memperoleh petunjuk mengenai operasi apa saja
pada sistem melalui menu. Oleh karena itu penamaan pad amenu haruslah memiliki
arti dan informatif. Pointer merupakan komponen yang penting dalam sistem WIMP
karena interaksi pada sistem ini memerlukan aktifitas menunjuk (pointing) dan
memilih (selecting). User diberikan cursor pada layar yang dapat dikendalikan
oleh peralatan input seperti mouse, joystick, ataupun trackball.
Kesimpulan :
Jadi Interface merupakan salah satu media yang
digunakan komputer untuk berkomunikasi dengan manusia. interface di komputer
dikenal dengan GUI (Graphical User Interface). Dan dalam interaksi manusia
dengan Komputer, Pemilihan tipe interaksi yang tepat sangat diperlukan karena
dapat memberikan efek yang baik terhadap dialog antara user dengan komputer.
sumber :
Buku Interaksi Manusia dan komputer Universitas Gunadarma
http://kumpulantugasdantugas.blogspot.com/2013/04/tujuan-interface-user.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar